Breaking
Mon. May 27th, 2024

Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 2024 Digelar Malam Ini

By member11 Apr8,2024

Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 2024 Digelar Malam Ini

Jakarta – Sidang Isbat untuk penetapan Idul Fitri 2024 akan digelar malam ini oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Sidang tersebut akan dilaksanakan untuk menentukan tanggal akhir puasa Ramadan dan awal Idul Fitri.

Sidang Isbat merupakan forum yang bertugas untuk menentukan kapan akan berakhirnya bulan Ramadan dan dimulainya bulan Syawal. Proses penetapan ini dilakukan dengan mengamati hilal atau awal bulan baru.

Dalam sidang ini, para ulama dan ahli astronomi akan berkumpul untuk mencari tahu apakah bulan sudah terlihat atau belum. Jika hilal sudah terlihat, maka besoknya akan ditetapkan sebagai awal bulan Syawal dan Idul Fitri.

Penetapan Idul Fitri sangat penting bagi umat Islam karena menandai berakhirnya bulan Ramadan yang penuh dengan ibadah dan puasa. Setelah Idul Fitri, umat Islam akan merayakan hari kemenangan dengan saling maaf-memaafkan dan berkumpul bersama keluarga.

Masyarakat diimbau untuk mengikuti hasil sidang Isbat ini dan menunggu keputusan resmi dari pemerintah sebelum merayakan Idul Fitri. Dengan demikian, semua umat Islam dapat merayakan Idul Fitri secara bersama-sama dan kompak.

Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 2024 ini diharapkan dapat berjalan lancar dan menghasilkan keputusan yang tepat. Semoga umat Islam dapat menjalani bulan Ramadan dengan penuh keikhlasan dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Selamat menjalani ibadah puasa dan menyambut Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan.

Related Post