Breaking
Sun. Jul 21st, 2024

Warga Cekcok saat Ada Bangunkan Sahur, PBNU: Harus Saling Menghargai

Warga Cekcok saat Ada Bangunkan Sahur, PBNU: Harus Saling Menghargai

Bulan suci Ramadan menjadi momen yang dinanti-nantikan umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan Ramadan, umat Islam berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari sebagai bentuk ibadah dan pengendalian diri. Selain itu, sahur juga menjadi bagian penting dalam menjalani ibadah puasa.

Namun, tidak selamanya suasana sahur berjalan lancar dan damai. Beberapa kasus cekcok antarwarga sering terjadi saat ada yang bangun sahur. Hal ini diakibatkan oleh perbedaan kebiasaan dan kebiasaan masing-masing individu. Ada yang bangun sahur dengan cara menyalakan alarm keras-keras, ada yang membangunkan dengan cara membangunkan satu per satu anggota keluarga, dan ada pula yang memilih untuk bangun sendiri tanpa mengganggu orang lain.

Menyikapi hal ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menegaskan pentingnya saling menghargai antarwarga saat ada yang bangun sahur. Ketua PBNU, KH Said Aqil Siradj, menegaskan bahwa dalam menjalani ibadah puasa, sikap saling menghargai dan memahami perbedaan adalah kunci utama.

“Kita harus saling menghargai dan memahami perbedaan cara beribadah. Jangan sampai ibadah puasa kita malah menimbulkan konflik di antara sesama umat Islam,” ujar KH Said Aqil Siradj.

PBNU juga mengajak umat Islam untuk menjaga keharmonisan dan persatuan di bulan Ramadan ini. Dengan saling menghargai dan memahami perbedaan, diharapkan suasana sahur di rumah masing-masing bisa berlangsung dengan damai dan penuh berkah.

Selain itu, PBNU juga mengimbau agar umat Islam menjaga kebersihan dan kesehatan saat menjalani ibadah puasa. Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan, diharapkan ibadah puasa akan lebih bermakna dan berkat.

Sebagai umat Islam, marilah kita sama-sama menjaga keharmonisan dan persatuan di bulan Ramadan ini. Dengan saling menghargai dan memahami perbedaan, kita dapat menjalani ibadah puasa dengan penuh keberkahan dan kesejahteraan. Semoga bulan Ramadan ini membawa berkah dan keberkahan bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Selamat menjalani ibadah puasa!

Related Post